Jumat, 23 Desember 2016

TIPS AGAR ADONAN KUE TIDAK BANTAT

TIPS AGAR ADONAN KUE TIDAK BANTAT :1. Telur

Pengocokan telur yang salah pada saat membuat kue bolu bisa berakibat gagalnya kue bolu Anda. Perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Gunakan telur bersuhu ruang.
  • Telur yang saat di pecahkan, kuning-nya pecah menandakan telur kurang baik.
  • Pastikan pengocok mixer dan peralatan lain seperti spatula benar-benar kering.
  • Jika telur belum mengembang sempurna, jangan campur dengan air, minyak, mentega atau tepung.
  • 4 butir telur akan mengembang sempurna setelah dikocok selama kurang lebih 15 menit dengan kecepatan tinggi.
  • Beberapa resep bolu (biasanya yang menggunakan mentega kocok) mensyaratkan pemisahan pengocokan kuning telur dan putih telur. Untuk mengetahui apakah putih telur telah mengembang sempurna, balikkan wadah berisi putih telur yang telah dikocok. Jika adonan tidak tumpah, berarti putih telur telah terkocok sempurna dan siap dicampur dengan bahan lain.

2. Tepung Terigu

Terigu yang basah akan menyebabkan adonan menggumpal dan tidak dapat mengembang dengan baik saat dipanggang. Sebelum dipakai, sebaiknya terigu dijemur dan diayak terlebih dahulu. alangkah lebih baik bila tepung tidak di simpan di dalam kulkas.3. Oven

Sebelum mulai mengocok telur, nyalakan oven terlebih dahulu. Jadi, ketika adonan telah jadi, bisa langsung dimasukkan ke dalam oven yang telah panas. Jika dibiarkan terlalu lama (tidak langsung masuk oven), adonan akan turun sehingga kue bolu menjadi bantat.

Suhu oven untuk memanggang bolu adalah sekitar 180 derajat celcius. Pastikan suhu yang tepat, agar bolu mengembang dengan sempurna. Untuk hal yang satu ini, memang perlu dilakukan tes oven beberapa kali untuk mengetahui perilaku oven Anda.4. Memastikan kue matang

Untuk memastikan kue telah matang atau belum, tusukkan sebatang lidi di bagian tengah kue. Jika kering (tidak ada adonan yang menempel pada lidi), berarti kue sudah matang dan bisa diangkat dari oven.

Jangan terlalu sering membuka-tutup(Pintu) oven, karena panas oven akan keluar sehingga adonan yang akan mengembang kembali turun.

Gunakan SP28 (Sponge 28)
Gunakan Sponge (SP28) setengah sendok makan, gunanya adalah membuat teksture adonan lebih khalis, sehingga tidak ada gelembung yng besar yang dapat membuat bolu berlubang halus dan lembut, juga membuat adonan tidak turun bila di diamkan, angkat Mixer, bila telah terbentuk kerucut pada sisa adonan di mixer (dengan ujung adonan kerucut dan tidak melengkung) maka adonan siap di tambahin bahan lain seperti tepung, susu, mentega cair dan lai-lain.
Demikian tips yang dapat di kumpulkan http://izzacakeimage.blogspot.co.id buat pemirsa blogger semua, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar