Sabtu, 24 Desember 2016

TIPS DAN TRIK MEMBUAT BOLU GULUNG

Komposisi bahan
Komposisi bahan bolu gulung sebenarnya tidak berbeda dengan bahan cake pada umumnya. Yaitu telur, gula, tepung terigu, mentega/margarine. Seperti juga cake, komposisi itu tidak harus lengkap ada. Artinya, bisa saja bolu gulung tidak menggunkan mentega (foam type cake).
Proses pembutan bolu gulung juga tidak berbeda dengan cake. Jadi jika Anda sudah mahir membuat cake, Anda tidak perlu takut untuk membuat bolu gulung. Umumnya bolu gulung dibuat dengan cara mengocok telur dan gula lebih dulu. Setelah mengembang baru dimasukan tepung terigu dan terakhir mentega cair. Bukan berarti cara lain tidak bisa Anda tempuh, jika Anda menginginkan tekstur bolu yang agak kaku, kocoklah dulu mentega dan masukkan telur satu persatu (butter type cake). Hasilnya memang lebih berat ketimbang bolu gulung yang menngunakan mentega cair.
Tipe mana yang Anda pilih? Selera amat menentukan pilihan. Bila Anda menyukai cake yang padat butter type cakelah pilihannya. Jika Anda menyukai bolu gulung yang kenyal tapi empuk, Anda bisa membuat bolu gulung dengan menggunakan putih telur yang hasilnya unik dan tak kalah enaknya.

Agar tidak pecah
Komposisi bahan sedikit banyak berpengaruh pada saat bolu akan digulung. Bolu gulung yang dibuat dengan perbandingan kuning telur lebih banyak tidak akan mudah pecah pada saat digulung, daripada yang perbandingan antara putih telur dan kuning telurnya sama. Bagi Anda yang belum ahli gunakan resep yang banyak mengandung kuning telur. Selain itu bolu gulung serupa ini hasilnya lebih empuk dan lebih enak tentunya.
Untuk menghindari pecahnya bolu waktu digulung, orang menambahkan cake improver ke dalam adonan. Misalnya TBM, VX dan lainnya. Penambahan bahan ini mempengaruhi rasa walau strukturnya akan lebih baik.
Proses pemanggangan juga memegang peranan penting. Jika Anda menggunakan api besar kue akan cepat matang tapi bagian dalamnya belum. Makanya kalau digulung bolu langsung  pecah. Terlalu lama berada di ovenpun membuat bolu menjadi renyah dan merupakan salah satu pemicu pecahnya bolu.
Karena itu pelajari oven Anda baik-baik, bila cake terlihat cepat matang kecilkan api dengan segera supaya cake matang sampai didalam dan jangan pula menggunakan api yng terlalu kecil supaya cake tidak keras.

Trik Menggulung
Untuk mendapatkan permukaan kue yang licin, lapisi cetakan dengan kertas roti, siapkan juga kertas roti yang lain yang telah ditaburi tepung terigu atau gula halus. Pada saat kue matang , balikan kue diatas kertas roti ini. Cara ini membuat kulit kue tidak menempel pada kertas roti.
Bagian atas kue sebaiknya dijadikan bagian luar, sedang bagian bawah kue mnjadi bagian dalamnya.
Taruh kue diatas serbet supaya agak tebal hingga mempermudah penggulungannya. Gulung selagi panas dan padatkan, jangan lupa olesi pelapisnya. Bisa selai atau krim (butter cream atau whipped cream). Tapi hati-hati jika menggunakan krim, karena krim akan meleleh jika terkena panas. Untuk menghindarinya, gulung kue selagi panas dan biarkan sampai dingin lalu lapisi derngn krim dan gulung kembali.
Bila saat digulung bolu pecah, jangan berhenti lanjutkan saja sampai selesai. Toh Anda masih bisa mengakalinya dengan diolesi krim atau coklat masak cair diseluruh permukaannya.

Tambahan Rasa 
Kue yang enak memang tergantung dari bahan dasarnya. Artinya, kue yang terbuat dari susu, mentega dan banyak telur akan lebih enak daripada yang dibuat dengan bahan seadanya. Tetapi akan lain jadinya jika kue ditambahkan bahan lain yang bisa menaikkan citarasa kue tersebut.
Sebelum ditambahkan selai, olesi kue dengan mentega atau margarine tipis-tipis, atau bisa perciki sedikit rhum pada permukaan kue. Buah kering, coklat beras atau kacang-kacangan juga bisa membuat kue semakin enak.
Siapa bilang bikin bolu gulung itu susah? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar