Rabu, 05 Juli 2017

tips melelehkan cokleat


  • Usahakan memotong coklat yang akan di lelehkan dalam potongan kecil-kecil, jika anda ingin lebih cepat lagi, ada cara lainnya menggunakan serutan keju. Jika masih dalam potongan yang besar, coklat akan lama melelehnya dan kadang menggumpal.
  • Jangan melelehkan coklat di atas panci, dan langsung di panaskan di atas kompor ya kawan, karena dapat menyebabkan cokelat menjadi gosong.
  • Lelehkan coklat dengan cara di tim, pertama ambil panci kecil berisi air, secukupnya dan jangan terlalu banyak, setelah itu taruh di atasnya satu panci lagi, dapat juga menggunakan piring keramik, atau alumunium yang ukurannya pas menutup panci pertama, hal ini dilakukan supaya tidak ada uap air yang mengenai coklatnya. Akan tetapi lebih baik menggunakan piring alumunium, karena bahan aluminium merupakan penghantar panas yang baik, sehingga cokelat akan cepat meleleh.
  • Panaskan api kecil dan biarkan air menjadi panas, tapi usahakan jangan sampai mendidih ya selama proses mengetim cokelat, karena jika mendidih dan air bergolak, coklat bisa cepat menggumpal dan terkadang uap air naik ke atas, dan dapat mengenai coklatnya. Coklat yang terkena uap air, hasil akan kurang menarik, terlihat seperti berkeringat gitu deh. Jika cokelat belum meleleh semua tapi air sudah mendidih, lebih baik matikan saja apinya, lalu lanjut proses mengetimnya. Jika cokelat belum meleleh juga, nyalakan lagi api dengan api kecil, tapi jangan lupa sambil di aduk yaa, supaya cokelatnya tidak menggumpal.
  • Jika coklat leleh ini mau di gunakan sebagai toping atau hiasan kue, lebih baik segera gunakan ya kawan, karena jika tidak, cokelat akan mengeras lagi di suhu ruang.
  • Kalau melelehkan coklat jangan tambahkan lemak apapun ya, misal margarin, mentega dll, karena walaupun hasil lelehannya akan lebih bagus, tapi cokelat akan susah mengeras jika di  gunakan sebagai toping kue, kecuali kalau mau di buat adonan brownies atau cake sih no problem jika di tim barengan dengan margarin.
  • Melelehkan coklat putih, jika temen2 akan melelehkan White cokelat, suhu air harus lebih rendah dari coklat biasa, jangan terlalu panas, karena coklat putih mengandung lebih banyak lemak di banding coklat biasa.
  • Jika mau menggunakan coklat hanya dalam jumlah kecil, misal cuma sebagai hiasan corat coret di kue kering, nggak perlu di tim, cukup masukkan potongan coklat kecil2 ke kantung plastik segitiga, lalu rendam di mangkuk yang berisi air panas. Lalu gunakan untuk menghias cookies, cara ini lebih praktis dan nggak perlu repot2 nge tim. Begitu juga kalau mau melelehkan coklat yang untuk campuran brownies atau cake, cukup pakai cara mudah, lelehkan bersama margarin atau mentega di mangkuk tahan panas, setelah itu taruh di microwave atau oven.
  • Jika temen2 menginginkan cokelat lebih cepat mengeras, masukkan aja ke dalam kulkas setelah di gunakan sebagai toping atau bikin praline. Tapi ingat ya, jangan terlalu lama di simpan di kulkas, karena cokelat pralinenya jadi keras banget.
  • Jangan simpan cokelat batangan yang belum di lelehkan di kulkas ya, karena nanti akan rusak dan susah meleleh ketika di panaskan.
  • Jika cokelat yang sudah di olah, misalkan menjadi coklat praline atau nougat dll, teksturnya jadi lembek di suhu ruang, tenang tidak usah kawatir, simpan saja sebentar di freezer atau di kulkas nanti akan segera membeku kembali.
  • Kalau temen2 mau menggunakan coklat warna warni, bisa gunain cokelat putih yang di warnai, tapi pilih pewarna yang basenya oil atau minyak ya teman2, karena jka gunain pewarna biasa, pewarnanya susah menyatu, Contoh pewarna yang paling rekomended buat coklat adalah merk Wilton, tapi harganya terlalu mahal. Jadi, kalau mau pakai cokelat warna, lebih dianjurkan beli yang sudah warna warni aja, banyak kok di pasaran